Asal Usul Desa Pragak – Parang


          Desa Pragak terletak di Kec. Parang Kab. Magetan, Jawa Timur menurut cerita Asal Usul desa Pragak adalah sebagai berikut ; 
Mengapa dinamakan desa Pragak, pada jaman dulu ketika jaman kerajaan Majapahit sedang bergolak dan terjadi peperangan, banyak para petinggi kerajaan yang melarikan diri pada saat mengalami kekalahan dalam peperangan. Salah satunya yang melarikan diri kerena dikejar-kejar musuh adalah Senopati Proyo Nogo.
   Dalam pelariannya kebarat sampai akhirnya masuk di hutan sebelah Timur Gunung Lawu. Kerena dikejar terus oleh musuh maka sang senopati berusaha untuk sembunyi mencari tempat yang aman, ditengah hutan sang Senopati menemukan pohon yang besar dan bercabang 2 yang biasa disebut PROGOK. Untuk menyelamatkan diri ditempat Progok itulah sang senopati bersembunyi dan tidak pernah diketemukan oleh musuhnya, setelah aman akhirnya Senopati Proyo Nogo turun dari pohon dan keluar dari persembunyianya dan berujar : Besok lek rejone jaman tempat ini saya namakan Pragak.

Dari kisah cerita itulah tempat tersebut akhirnya dinamakan / disebut menjadi Desa Pragak, ada peninggalan / petilasan sejarah yaitu “Watu Reog, Watu Song dan Sendang Mbeji”.  Adapun desa pragak sendiri berbatasan dengan sisi sebelah Barat dengan Desa Tamanarum (Mojopait), sisi sebelah Selatan dengan Desa Mategal (sungai gonggang), sisi sebelah Timur dengan Desa Kediren dan Desa Tapen, sisi Utara dengan Desa Krowe dan Desa Krajan.

Pemerintah desa Pragak dijabat oleh Lurah/Kepala Desa, adapun mereka dibawah ini adalah yang pernah menjabat sebagai Lurah/Kepala Desa Pragak,  Kec. Parang, Kab, Magetan.

1.    Mangun Karyo           1901 s/d 1920
2.    Mangun Dongkol        1920 s/d 1935
3.    Mangun Harjo            1935 s/d 1945
4.    Mangun Harjo            1945 s/d 1950
5.    Mangun Arso             1950 s/d 1969
6.    Jamiran                     1969 s/d 1982
7.    Soegito                     1982 s/d 1990
8.    Jumadi                      1990 s/d 1998
9.    Soegito                     1998 s/d 2007
10.  Sutrisno                    2007 s/d 2013
11.  Supeni                      2013 s/d sekarang


            Saya sendiri sebagai salah satu cucu buyut dari Mangun Harjo  masuk dalam keluarga besar Mangun Harjo desa Pragak, Kec. Parang, Kab. Magetan saat ini cicit dan cucunya dari Mangun Harjo tersebar di berbagai daerah.

Sekelumit cerita Asal Usul desa Pragak semoga bermanfaat.
Ref. Soendoel.blogspot.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sendang Mbeji